Sabtu, 02 Juni 2012

FENOMENA DESAIN


Fenomena desain

Setiap fenomena pasti sangat menarik bagi nsetiap orang karena hal tersebut dapat mengubah gaya hidup mereka. Dalam hal ini, desain tidak boleh disingkirkan karena setiap orang terutama para wanita selalu menginginkan yang terbaik pada penampilannya sehingga mereka selalu mengikuti fenomena tersebut.

Pada artikel sekarang ini, saya akan menjelaskan tentang fenomena desain yang terjadi disekitar kita. Aku memang memiliki jurusan desain interior. Namun, untuk kali ini aku akan mencoba menerangkan fenomena yang terjadi pada desain pakain atau Kriya Tekstil dan Mode. Kenapa aku memilih topik ini ? hal ini dikarenakan fenomena desain yang sangat terlihat disekitar kita adalah fenomena model pakaian, sepatu , dan pakaian lainnya.

Seperti Pada tahun 2000 fenomena vintage sangat disukai para remaja dan dewasa. Mereka berpendapat bahwa vintage memiliki suatu nilai yang tak dapat digantikan pakaian lainnya. Banyak dari mereka menggunakan pakaian yang terlalu ketat bagi wanita, dan memakai rok kembang yang selutut. Para pria menggunakan sepatu seperti tentara yang membuat mereka terlihat gagah. Celana yang mereka pakai adalah jeans yang bawahannya melebar, sama seperti celana yang dipakai oleh para wanita. Bedanya para wanita jeansnya lebih ketat dari para pria. Kemeja pada saat itu sangat disukai karena menurut mereka hal tersebut akan terlihat sopan.

Berikut ini merupakan beberapa contoh pakaian vintage

.

Menurut ahli kesehatan pakaian jeans yang terlalu ketat dapat merusak aaliran darah kita dan membuat kita sakit. Hal ini merupaka kelemahan dari pakaian model ini. Hingga sedikit demi sedikit orang orang beralih dari mode ini karena mengetahui hal tersebut.

Seiring berjalannya waktu, vintage telah ditinggalkan oleh orang-orang dan mereka telah beralih pada pakaian khas gaya harazuku yang dimiliki oleh orang jepang. Pakaian ini tidak menekankan pada gaya formal, namun mereka melihat pakaian tersebut indah pada tubuh mereka. Mode yang satu ini sangat menarik perhatian remaja dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga para Mahasiswa. Pakaian ini berkembang karena banyaknya pasokan komik dari Jepang datang ke Indonesia. Para remaja membaca dan melihat paakaian para tokoh komik sangat indah sehingga mereka mencoba untuk memakai mode tersebut.

Sebenarnya harazuku stile memiliki jenis-jenis lagi. Namun, aku belum mengetahui hal tersebut karena aku tidak mengambil jurusan yang aku bicarakan saat ini. Aku tahu ini merupakan langkah yang aneh tetapi aku akan mencoba sebaik mungkin. Untuk mengurangi kelemahan artikel saya ini, silahkan anda mengunjungi link dibawah ini untuk menjelaskan tentang jenis harazuku stile. www.harazuku.com
 
Berikut ini adalah contoh-contoh harazuku stile


Harazuku stile sangat membuat para remaja tergial-gila pada saat itu, hingga mereka mengesampingkan kesehatan mereka. Karena pakaian tersebut sangat sulit untuk dipakai membuat para pemakaian sangat sulit untuk bergerak dan beraktifitas. Dengan lilitan yang melingkar ditubuh begitu banyak dan sangat rumit membuat mereka terlihat anggun dan sesak. Hal ini sangat menyiksa para pemakai hingga harazuku stile memiliki nasib yang sama dengan Vintage mode. 

Perkembangan fenomena mode belum selesai pada saat itu juga karena dari tahun 2010 hingga sekarang fenomena korea sangat merajai mode pakaian di Indonesia. Fenomena tersebut disebut sebagai Wave. Sebenarnya, masuknya budaya korea di negara kita ini sudah dimulai pada tahun 2003. Hal ini disebabkan karena banyaknya drama film korea yang ditayangkan di Indonesia. Mulai dari Endless Love hingga Full House, kedua drama tersebut sangat terkenal pada saat itu. Perkembangan pun semakin pesat karena drama korea lainnya ditayangkan, dengan memberikan sentuhan model pakaian khas korea.

Hal tersebut merupakan perjalanan  awal fenomena model pakaian korea. Hingga pada tahun 2009 boyband korea masuk di Indonesia dan menghipnotis para remaja dengan wajah tampan dan pakaian yang sangat stilest. Dengan gerakan yang sangat menarik pula membuat orang-orang bukan hanya remaja menggilai hal tersebut. Boyband seperti Shinee dan Super Junior melangkah ke indonesia dengan menbawa budaya negaranya membuat para fansnya diindonesia mengikuti stile mereka.

Sebenarnya pakaian korea mirip dengan pakaian harazuku stile yang dimiliki jepang. Bedanya adalah. Pakaian korea menekankan pada pakaiantersebut nyaman digunakan oleh si pemakai. Hal ini membuat stile pakaian negeri gingseng ini bertahan lama di megara kepulauan. Pakaian korea terlihat khas karena pakaian tersebut memperhatikan syal sebagai penghias badan yang sangat penting. Ukan hanya itu saja, sepatu boots juga tidak ketinggalan digunakan oleh stile ini. Berikut ini adalah conto stile korea yang di gandrungi para remaja saat ini:



 artikel berikutnya akan membicaraka soal pengaruh desain terhadap gaya hidup kita. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya......... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar