Selasa, 29 Mei 2012


Desain interior
Desain interior merupakan salah satu jurusan yang ada di unuiversitas STISI TELKOM. Jurusan ini banyak diminti oleh mahasiswa karena memiliki program kerja yang jelas. Bukan hanya itu saja, program studi ini juga memiliki ikatan yang kuat dengan arsitektur. Bahkan banyak orang yang berpikir bahwa desain interior dengan arsitektur itu sama. Kali ini artikel ini akan membahas soal desain interior yang merupakan jurusan saya di universitas STISI TELKOM.
Pelajaran desain ini memiliki bagian yang terpisah diantaranya desain tata letak ruangan dan desain mebel. Desain tata letak ruangan merupakan pelajaran yang menitik beratkan pada pelajaran membuat ruangan beserta menentukan letak dari mebel yang disediakan. Hal ini bertujuan untuk mencapai letak yang harmonis dan serasi sesuai dengan keinginan client. Dalam membuat ruangan ini sangat tidak mudah karena menggunakan metode yang sangat rumit. Metode tersebut akan dipelajari di universitas ini dan kita akan secara spontan mahir untuk menggunakan metode tersebut. Metode itu adalah konstruktif yang sangat berkaitan dengan garis dan juga pemahaman. Metode yang sangat digunakan sangat banyak, contohnya adalah metode satu titik hihang, dua titik hilang, ortogonal dan metode lainnya.contohnya seperti berikut ini:
Desain mebel merupakan jurusan lain dari desain interior. 

Tahukah anda apa itu mebel? Mebel atau meubel merupakan barang yang ada dirumah kita yang merupakan bagian yang sangat penting dalamrumah. Dalam jurusan ini kita dituntut untuk membuat sebuah barang yang berguna dan sangat diminati oleh orang-orang. Contoh mebel yang sering dibuat dalam pembelajaran ini adalah meja, kursi, lemari, dan barang mebel lainnya. Desain mebel juga dapat membuat suatu inovasi yang baru dan belum pernah ada dibuat. Contohnya dalam kasus kursi, orang selalu beranggapan bahwa bentuk dari kursi pasti memiliki bagian datar untuk diduduki. Para desain interior dapat mengubah pikiran itu dengan membuat sebuah kursi yang terbuat dari besi dan di tengannya berlubang namun sangat nyaman untuk diduduki.
kedua cabang desain interior tersebut memiliki metode dan tujuan yang berbeda. Desain interior dalam tata letak ruangan sangat erat dengan client karena jurusan ini tergantung atas kepuasan dari clientnya. Berikut ini merupakan contoh dari desainer tata letak ruangan
Berbeda dengan desain mebel, desainer ini lebih menekankan pada manfaat dari barang yang dibuat olehnya. Berikut ini merupakan contoh dari desain barang mebel buatan desainer interior:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar